Tips Motivasi Kerja


​Motivator Indonesia Ippho Santosa Berbagi Tips Motivasi Kerja
Motivator Indonesia Ippho Santosa Berbagi Tips Motivasi Kerja

Langkah pertama untuk menumbuhkan motivasi adalah berhenti membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. “Sebaliknya, berubahlah menjadi sosok yang bermental haus kesuksesan,” ungkap Profesor Psikologi di Virginia Tech, Scott Geller, dikutip dari Reuters.
Scott Geller melanjutkan, sebenarnya membangkitkan motivasi kerja adalah soal bagaimana Anda memperlakukan diri Anda sendiri: apakah bermental ‘menghindari kegagalan’ atau ‘haus kesuksesan’.
Contohnya, orang yang bermental ‘menghindari kegagalan’ akan berpikir ‘bagaimana caranya agar saya tidak dikeluarkan dari tempat kerja’. Sebaliknya, orang yang ‘haus kesuksesan’ akan berpikir ‘bagaimana caranya membekali diri untuk mencapai target dan impian saya’.
“Orang yang berorientasi pada strategi-strategi pengembangan diri demi mencapai target cenderung lebih termotivasi, ketimbang mereka yang melakukan hal-hal demi tujuan menyelamatkan dirinya sendiri agar terhindar dari masalah,” urainya panjang-lebar.
Selain bermental haus kesuksesan, menumbuhkan motivasi harus dimulai dengan memetakan dan memahami apa tujuan Anda dalam bekerja. Cobalah menemukan jawaban dari ‘mengapa (why) saya bekerja di sini?’ Setelah why ini ditemukan, Anda akan lebih termotivasi untuk mempersembahkan kinerja yang terbaik.
Teresa Amabile, profesor terkenal dari Harvard Business School, mengimbuhkan tips untuk tetap termotivasi, yaitu menulis buku harian. Dengan mencatat rekam jejak perkembangan Anda selama bekerja, Anda akan merasa termotivasi untuk melakukan lebih baik dari hari ke hari.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah janganlah bersikap anti-kritik. Dengarkan komentar orang lain sebagai salah satu bentuk masukan berharga untuk bertumbuh dan menjadi lebih baik lagi. Tips selanjutnya, biasakan diri bergaul bersama orang-orang yang berkualitas.
Tips terakhir, jadikan keinginan untuk belajar dan bekerja keras sebagai sebuah kebiasaan. Latih diri untuk terbiasa menyelesaikan tugas dengan akurat dan tepat waktu. Namun, bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk bekerja lebih keras tanpa mengenal waktu. Ini pun tidak baik.
Semoga tips dari berbagai sumber ini bisa menjadi solusi di kantor Anda.


Leave a Reply